Langsung ke konten utama

Belajar LibreOffice

Belajar Mudah LibreOffice

Libre adalah aplikasi office open source sehingga untuk pemakaian perorangan atau perusahaan tidak memerlukan license sehingga beberapa perusahaan besar beralih ke aplikasi open source untuk menghemat biaya. Mungkin dari segi tampilan tidak jauh berbeda dengan aplikasi yang sering digunakan yaitu Microsoft Office, tetapi terkadang user yang sering menggunakan Microsoft Office akan merasa kebingungan dengan tata letak ribbon yang sering gunakan. Yang saya gunakan adalah Libre Office 5.3 aplikasi ini sudah cukup komplit seperti Microsoft Office mulai dari Math, Draw, Calc, Base, Writer, dan Impress. Yang menurut saya paling menarik yaitu LibreOffice Math, karena kita bisa menggunakan rumus-rumus dan simbol-simbol matematika yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Ini adalah tampilan awal ketika kita membuka LibreOffice, ketika kita klik File kita dapat memilih New, Open, Open Remote File, Recent Document, Wizards, Sign Existing PDF, dan Exit LibreOffice.


LibreOffice yang dapat kita gunakan ada 6, yaitu :
1.       LibreOffice Math
2.       LibreOffice Draw
3.       LibreOffice Calc
4.       LibreOffice Base
5.       LibreOffice Writer
6.       LibreOffice Impress

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Mudah LibreOffice Calc

Belajar Mudah LibreOffice Calc Kita akan belajar LibreOffice Calc dengan tutorial yang sangat mudah dan dapat langsung dipraktekan. LibreOffice Calc adalah aplikasi spreadsheet dari Libre sama seperti microsoft office excel yang sering digunakan. Shortcut yang sering kita gunakan di Excel tidak semua berfungsi di LibreOffice Calc maka dari itu kita harus menambah atau me-modify shortcut tersebut. Untuk caranya yaitu masuk ke Ribbon “Tools”-> “Customize” -> “Keyboard” kemudian kita pilih “Shortcut Keys” mana yang akan digunakan sebagai contoh tombol “F3” kemudian kita pilih “Function” yang akan kita gunakan sebagai contoh kita pilih Category “INSERT” dan memilih Function “Chart” setelah itu kita tekan “Modify” sehingga kita ketika kita menekan tombol F3 maka akan berfungsi sebagai “Insert Chart”. Untuk shortcut ini kita dapat digunakan hanya di aplikasi LibreOffice Calc saja ataupun di semua aplikasi LibreOffice tinggal kita pilih saja. Yang menarik pada LibreOf