Langsung ke konten utama

Belajar Mudah LibreOffice Calc

Belajar Mudah LibreOffice Calc

Kita akan belajar LibreOffice Calc dengan tutorial yang sangat mudah dan dapat langsung dipraktekan.
LibreOffice Calc adalah aplikasi spreadsheet dari Libre sama seperti microsoft office excel yang sering digunakan. Shortcut yang sering kita gunakan di Excel tidak semua berfungsi di LibreOffice Calc maka dari itu kita harus menambah atau me-modify shortcut tersebut. Untuk caranya yaitu masuk ke Ribbon “Tools”-> “Customize” -> “Keyboard” kemudian kita pilih “Shortcut Keys” mana yang akan digunakan sebagai contoh tombol “F3” kemudian kita pilih “Function” yang akan kita gunakan sebagai contoh kita pilih Category “INSERT” dan memilih Function “Chart” setelah itu kita tekan “Modify” sehingga kita ketika kita menekan tombol F3 maka akan berfungsi sebagai “Insert Chart”. Untuk shortcut ini kita dapat digunakan hanya di aplikasi LibreOffice Calc saja ataupun di semua aplikasi LibreOffice tinggal kita pilih saja.
Yang menarik pada LibreOffice Calc ini kita dapat Open Remote File, pilih ribbon File kemudian klik Open Remote File, pilih “Add Service” kita dapat memilih file tersebut akan di ambil dari penyimpanan digital mana mulai dari Google Drive, One Drive, hingga Window Share. File LibreOffice Calc ini juga dapat kita langsung send Email Document, Email as Open Document Spreadsheet, Email as Microsoft Excel, Email as PDF, dan Send via Bluetooth. Kita juga dapat melakukan signature digital pada file LibreOffice Calc ini. Sangat fantastis kan...!!!
Yang keren lainnya dari LibreOffice Calc adalah kita dapat Compare Document (membandingkan dokumen yang sedang dikerjakan dengan dokumen yang sudah ada) dan Merge Document (menggabungkan dokumen yang sudah ada dengan dokumen yang sedang dikerjakan).
Kita dapat melakukan Insert Form Control mulai dari Text Box, Check Box, Option Button, List Box, Combo Box, Push Button, Image Button, Label Field, Spin Button, Image Control, Formating Field, Date Field, Time Field, Numerical Field, Currency Field, Pattern Field, File Selection, Group Box, Table Control, Navigation Bar, dan Scroll Bar. Sehingga bagi kalian yang ingin file spreadsheetnya lebih keren dapat menambahkan insert Form Control dengan mudah.
Jika kalian sedang mengerjakan skripsi dan perlu mengolah data statistik di LibreOffice Calc ini juga sudah disediakan kemudahan kita tinggal meng-klik ribbon Data -> Statistics kemudian tinggal kita pilih deh mulai dari menghitung Sampling, Descriptive Statistics, Analysis of Variance (ANOVA), Correlation, Covariance, Exponential Smoothing, Moving Average, Regression, t-test, F-test, z-test, hingga Chi-square Test tanpa perlu kita menggunakan Spss.
Jika kita sering menggunakan Excel tetapi di kantor kita ternyata diganti menggunakan aplikasi Open Source LibreOffice agar tidak banyak freeze karna di dokumen Excel kita banyak rumus/formula kita dapat mensiasati dengan cara klik ribbon Tools -> Options -> LibreOffice Calc -> Formula -> Recalculation on File Load -> Excel 2007 and newer -> Always Recalculate.

Komentar